Fokuslah Membangun Brand

Kebanyakan startup/ pemula (termasuk saya dulu ^_^), sibuk mengejar omset dan fokus pada bagaimana caranya mendapatkan penjualan yang tinggi. Untuk itulah banyak diantara para startup mengisi aktivitas hariannya dengan berjualan. Inilah yang disebut dengan “menjalankan bisnis”, artinya bisnisnya “asal jalan aja”. Karena dengan berjualan, otomatis dia pikir uang akan masuk dan usaha bakal lancar karena order kian banyak. Sepintar hal ini tidaklah keliru. Namun, saya pikir hal ini kurang tepat. Mari kita pelajari bersama yuk bunda dan sista? ^_^

Fokuslah membangun Brand

Berbeda dengan ‘menjalankan bisnis’, branding adalah aktivitas ‘membangun bisnis’. Saya pernah membaca sebuah artikel, didalam artikel bisnis itu tertulis begini: “Branding is Selling but Selling it not Branding” artinya branding otomatis menjual produk/jasa dan sedangkan ketika kita menjual produk belum tentu didalamnya termasuk aktivitas branding. Jadi, fokuslah membangun brand, bukan sekedar menjalankan bisnis. Kalau sekedar menjalankan bisnis, maka bisnis itu berjalan, tapi tidak terbangun, tapi jika kita membangun brand, bisnis itu berjalan. Fahamnya bun/sis? ^_^

Apa itu Branding?

Branding_Pelatihan Kerajinan Flanel Rumah Balqis

Sumber gambar: RoninMarketing

Branding adalah serangkaian aktivitas dalam upaya untuk membangun komunikasi diantara pelanggan dan perusahaan, jasa maupun produk dengan tujuan untuk membangun kepercayaan didalam benak pelanggan terhadap sebuah brand.

Nah, dari sini kita bisa belajar. Ternyata, untuk membangun sebuah usaha dari rumah tidak melulu aktivitas yang kita lakukan jualan semata. Fokuslah membangun kepercayaan pelanggan terhadap usaha kita. Caranya adalah dengan membangun komunikasi yang positif, baik itu dari aktivitas obroaln di media sosial, melalui aktivitas membuat konten yang bermanfaat untuk follower brand kita, dan sebagainya. Banyak cara yang bisa dilakukan.

Secara alamiah, kecenderungan calon pelanggan atau target market kita, mereka enggan kalau melihat kita sering update status jualan terus. Pada prinsipnya, jika memang mereka tertarik dengan jasa atau produk kita, maka mereka akan bertanya dan membeli produk kita. So.. Membangun brand sama dengan membangun omset. Ninggalin aktivatas branding sama dengan siap-siap dying ^_^ Upst.. Semoga bisa.

Sekian share saya kali ini, semoga manfaat ya..

Ingin ngobrol dengan saya langsung?
SMS 0896-0809-2002
WA 0896-6118-1853 atau
invite 26c4bd0b atau 29eb0388

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s